melihat judul di atas kayaknya nda afdhol klo nda di coba ^_^,, kebetulan kmren sempet jalan- jalan eh nda nyangka,, nemu beberapa script yang berbau bashl,, sambil di temani roti + teh hangat,, tentunya setelah mandi hehehe,, belajar + mencoba tu script,,, akhirnya setelah merubah sana – sini alhamdulillah akhirnya jadi juga…

untuk mencoba langkahnya sbb:

1.  silahkan anda dunlut dulu font figlet dari synaptic

2. kemudian masuk kedalam terminal

3. ketik $cp .bashrc .bashrcbackup

4.  Selesai backup kita edit-edit dengan menggunakan text editor kesayangan kita. Anda bisa menggunakan vi, vim , nano , gedit, dll.

 $sudo gedit .bashrc

copy script di bawah ini,, masukkan kedalam notepad tersebut.

silahkan liaht di sini

 

Keterangan:

# Colors: berisi variable yang akan saya pasangkan dengan warna – warna pemograman bash
pada line 28
# Aliases: berisi tentang shortcut perintah .. akan saya jelaskan sedikit. Pada script bashrc saya tambahkan pada sub aliases

alias org=’firefox http://www.facebook.com/groups/paguyubanpenggunablankonmalang/ &’

nah nanti kalau saya ngetik “org”(tanpa tanda petik) di konsole maka akan terbuka aplikasi firefox dengan link url langsung ke pesbuknya PPBM, tentunya bagi yg otomatis masuk ke pesbuk, heheh asik kan gk usah susah-susah atau panjang-panjang lagi. Anda dapat menambahkan link shortcut lainnya yang sering anda gunakan ketika memainkan linux anda.

Pada line 53
# function & script : kita dapat menaruh fungsi-fungsi dan script-script tertentu. misalnya saya buat sebuah fungsi dan saya beri nama shinobiezou (). hmm fungsi itu saya isikan dengan fungsi if then. jadi itu sebagai akses code lagi .. ketika saya memasuki shell saya akan diminta code pengaman sederhana yang saya buat. Jadi 2 kali masukin password gitu ..hehe.. nah mksud saya disini supaya om bisa memasukan fungsi2 lain yang keren dan atas kreasi om sendiri.

nah pada script

echo -e “${lightgreen}”;figlet “ShInob!e Z0u”

kita tinggal menggunakan figlet agar keluar “ShInob!e Z0u nya hehehe .. kemudian apalagi ya.. oh iya klo kita ingin merubah nama root secara default, khususnya bagi pengguna backtrack yang menggunakan akses root sebagai default. ok cari shell prompt yang biasanya menggunakan variable $PS1. Nah pada deklarasi variabel tersebut coba cari kata-kata ini “\u@\h\” ganti \u dengan nama yang anda inginkan .. save terus reboot.. alhasil tampilan kata root pada prompt akan berubah..

semoga berhasil,, semangat !!!!!