Selang beberapa menit sebelum post ne,, ad tmen yang maen kerumah,,  pas lagi asik share seru,, ad sedikit curhatan ..” sob,, gara2 linux yg kite bwat maenin kmren pc ku malah nda bisa mati, uda gitu mana juga tmpilan gambarnya,, cman text doank”. brrrr,,,,,

sempat berfikir bahaya,, bingung juga mau ngapain,, secara saya  hanya seorang pemula yang notabene “sok tau about pinguin” yg nekad ngajak temen bwat migrasi dari jendela ke antartika bwat nemuin pinguin hehehe..

terbesit satu ide tanya ke maestro legendaris hehehe,, okelah mulailah saya hubungi sang maestro,, yg legendaris yakni mbah google,,

setelah beberapa menit alhamdulillah akhirnya dikasi juga juga solusinya sama sang maestro.. dengan singkat padat dan jelas sang maestro cman bilang…

Problem :

Pada waktu shutdown, power supply tidak bisa mati secara otomatis.

Solusi :

Cukup dengan 4 (empat) langkah mudah yaitu:

  1. Pada saat boot, masuk dulu ke BIOS. Pada bagian Power Management pastikan ACPI di-enable, Lanjutkan booting secara normal.
  2. Buka terminal, edit file sudo gedit /etc/default/grub, tambahkan acpi=force pada GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT. Pada contoh yang dilakukan di  sebelumnya adalah:
    GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT=”quiet splash”
    diedit menjadi:
    GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT=”acpi=force quiet splash”

         3. Simpan dan tutup editor.

4. Lakukan update grub melalui terminal dengan mantra “sudo update-grub“.

Restart dan coba lakukan shutdown! Lancarrr!!! Demikian cerita Pengguna

Linux Pemula kali ini, semoga bermanfaat!

Problem :

Tidak bisa menampilkan grafik..

1. di install menggunakan ISO yang laen atau menggunakan compatible mode

Alhamdulillah setelah di apply,, di PC nya tu tmen berhasil juga,, lega deh,,

semoga bermanfaat bagi smw nya,, amin,,