Assalamualaikum,,
lansgung saja,  Bagi sobat yang mempunyai Android pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah flashing.  Flashing itu sendiri hampir sama  seperti menginstall sistem operasi ke komputer, tapi kalau di Android namanya adalah Flashing.
di OS Windows aplikasi Flashing yang cukup terkenal adalah Odin. hanya Sayangnya Odin ini tidak berjalan di Ubuntu maupun OS Open Source lainnya yang berbasis Debian, sehingga kita harus berterima kasih kepada para android dan open source developer  yang bernama Benjamin dobell yang telah mendengar keluhan-keluahn dari user-user desktop berbasis Linux dengan membuat program sejenis ODIN untuk android, yaitu HEIMDALL.

Dari sis Penggunaan Heimdall sendiri  hampir sama seperti menggunakan ODIN. karena di samping Interface nya menggunakan GUI juga dari segi penataannya pun hampir sama dengan Aplikasi Flashing yang lainnya.

Ok langsung saja di sini pada prakteknya cara menginstall Aplikasi ini.
Cara install :

  1. Download Heimdall disini, dan Heimdall Front-End nya disini. Heimdall Front End inilah yang berbasis GUI.
  2. Install dengan mengklik dua kali saja file file yang sudah kalian download tadi. Untuk menjalankannya ketikkan heimdall-frontend di terminal.

Dan inilah tampilan dari Heimdallnya, sudah saya test di Linux Mint 12 Lisa.

Semoga bermanfaat🙂